Info Terkini KBIT Uswatun Hasanah

Kegiatan Ramadhan – KBIT Uswatun Hasanah
Mengenal Pahlawan "RA Kartini" - KBIT Uswatun Hasanah

Ibu kita Kartini
Putri sejati
Putri Indonesia
Harum namanya

Ibu kita Kartini
Pendekar bangsa
Pendekar kaumnya
Untuk merdeka

Wahai ibu kita Kartini
Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
Bagi Indonesia



Anak-anak KBIT mengenal dan menyanyikan lagu tersebut dalam rangka mengenang salah satu pahlawan Indonesia,
RA Kartini.

RA Kartini adalah sosok inspiratif bagi seluruh wanita Indonesia.
RA Kartini memiliki berbagai karakter positif yang dapat diteladani. Karakter tersebut yang membuatnya menjadi sosok yang mampu menginspirasi banyak orang. Sebagai contoh, tiga karakter RA Kartini yang dapat kita teladani dan ajarkan pada anak-anak adalah gemar membaca, menulis, dan membantu sesama.

Ibu guru juga menceritakan bahwa RA Kartini adalah guru yang hebat, ia mendidik anak-anak dan wanita-wanita di sekitarnya. Ia mengajarkan berbagai hal yang telah diketahuinya, seperti membaca, menulis, menjahit atau membuat prakarya lainnya.

Cerita tersebut diharapkan dapat menggugah anak untuk saling membantu teman-temannya. Sebagai contoh, ketika ada teman yang belum bisa membaca maka sebaiknya dibantu agar bisa membaca, ketika ada yang bisa membuat suatu prakarya tertentu maka dapat diajarkan ke teman-temannya. Tanamkan nilai bahwa dengan mengajarkan sesuatu yang sudah kita ketahui kepada orang lain maka akan membuat kita semakin pintar.

Itulah pentingnya mengajarkan anak-anak meneladani karakter RA Kartini. Semakin dini belajar, semakin dini pembiasaan yang dilakukan maka karakternya akan semakin matang.

Menggambar Figur Guru

Ramadhan syahru shiyam …. Ramadhan syahrul ‘ibadah ….

Beribadah di bulan Ramadhan banyak dilakukan umat islam, saling berlomba meraih pahala kebaikan.


Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah, pada bulan ini tiap amal ibadah umat muslim balasannya akan dilipatgandakan. Betapa beruntungnya bila kita sebagai umat islam dapat memanfaatkan momen ini sebagai ladang pahala, dengan melaksanakan yang wajib dan mengisi kegiatan sehari-hari dengan amal ibadah yang sunat
Maka dari itu kami mengajarkan anak-anak untuk terbiasa beribadah. Khusus bulan Ramadhan kami memberikan kegiatan keagamaan seperti belajar berpuasa, sholat dhuha, tadarus surat pendek Al Quran dan hafalan doa harian.

Kegiatan kali ini anak-anak KBIT melaksanakan buka puasa bersama keluarga . Alhamdulillah hebat terus anak KBIT Uswatun Hasanah.

Selamat Menunaikan ibadah Puasa Ramadhan 1442 H.

Kegiatan Berbuka puasa bersama keluarga

Menggambar termasuk kegiatan yang disukai oleh anak-anak. Lewat menggambar, anak bisa mengekspresikan pikiran dan imajinasinya.

Selain itu, menggambar bisa membuat anak lebih kreatif dan mendapatkan kepercayaan diri dalam hidupnya.

Masih banyak hal positif lain yang bisa didapatkan anak ketika menggambar :

1. Membuat anak ekspresif

Menggambar membantu mengekspresikan pikiran dan perasaan anak. Lewat gambar, anak bisa berkomunikasi tentang pikirannya yang mungkin sebelumnya tak dipahami orangtua.


2. Meningkatkan keterampilan motorik


Saat menggambar, tangan dan mata saling berkoordinasi. Inilah yang kemudian bisa meningkatkan keterampilan motorik anak.

3. Meningkatkan imajinasi

Anak bebas berimajinasi saat menggambar di atas kertas. Bahkan mereka juga bisa menggambar sesuatu yang diinginkan.

Guru adalah figur yang anak lihat saat di sekolah, saat di sekolah anak-anak bermain dan bercengkrama bersama guru. Kegiatan hari ini menggambar figur guru, kira-kira seperti apa ya bu Ayu , bu Isty , bu Yuli hasil karya anak shaleh dan shalehah nya.

Pengenalan Puasa Ramadhan

Alhamdulillah kita di pertemukan kembali dengan Ramadhan 1442 H, anak-anak KBIT Uswatun Hasanah mulai mengenal tentang puasa Ramadhan. Puasa itu tidak makan dan minum di siang hari. Karena anak-anak KBIT masih usia kecil jadi hanya mengenal saja dsn berlatih puasa nya hanya 1 jam saja, selama pembelajaran di sekolah, dari jam 08.00-09.00. Alhamdulillah anak-anak KBIT semangat untuk berpuasa. Bagi yang hebat full puasa nya, selama di sekolah tidak makan atau minum, maka bu guru memberikan reward berupa sticker puasa yang di tempel di kertas puasa masing-masing anak. Ayoooooo kumpulkan sticker puasa nya yang banyak ya kidosss.. Selamat berpuasa.